Skip to main content

PASEO

  • Sejarah Berdirinya Tissue Paseo


PT. Pindo Deli Pulp dan Paper Mills adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pulp dan paper di Indonesia.PT. Pindo Deli Pulp dan Paper Mills mengolah bahan baku yaitu pulp menjadi beberapa jenis kertas, meliputi kertas priniting dan non printing baik yang dicoated maupun tidak dicoated di distribusikan di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Jenis kertas coated bervariasi 
mulai dari art paper, art board, cast coated paper,dan cast coated board.Beberapa merk produk perusahaan ini terkenal dengan merk Bola Dunia, Sinar Dunia, Mirage, Golden Coin, Golden Star, Evergeen, Golden Art, Golden Plus, Astro Plus, Lucky Bos, Nice Tissue, Paseo Tissue.
Mill yang pertama dididrikan pada tahun 1976 dan berlokasi di desa Adiarasa Kecamatan Teluk Jambe Kabupaten Karawang, Provinsi JawaBarat dengan luas 46 hektar berdekatan dengan sungai citarum. Pada tahun 1977, Mill yang kedua dibangun di Desa Kutamekar, Karawang dengan dua buah paper machine untuk fine paper yang luasnya 450 hektar. Pendirian Mill diprakarsai oleh Bapak Rudi Wiranata, Bp. Supardi Gozali, Bp. Hendrik Wibawa, Bp. Sanusi.Nama Pindo Deli itu sendiri memiliki makna. Pindo yang artinya empat, yang ditujukan bahwa pendiri
pertama perusahaan ini adalah empat orang. Sedangkan Deli mencirikan daerah asal empat pendiri perusahaan itu.
PT. Pindo Deli Pulp dan Paper Mills mulai berproduksi pada tahun 1977 dengan status modal penanaman dalam negeri, pada tahun 1994 berubah status menjadi penanaman modal asing. Produk perusahaan ini terkenal dengan "Top Quality Paper" dan PT. Pindo Deli Pulp dan Paper Mills ini merupakan salah satu penghasil kertas terbesar di Indonesia.Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, kini PT.Pindo Deli Pulp And Paper Mills bergabung dengan Grup Sinar Mas dibawah payung APP (Asia Pulp And Paper). Kini PT.Pindo Deli Pulp And Paper Mills tidak hanya memproduksi kertas saja tetapi juga memproduksi tissue (Paseo Tissue).
 Pada Oktober 1999, Pindo DEli I dan II mendapatkan sertifikat ISO 14001 atas komitmennya terhadap lingkungan, ISO 9002 juga diberikan kepada Pindo DELi I dan II karena kemampuannya dalam memenuhi quality management system yang bertaraf internasioanl. Kedua sertifikat ini diberikan oleh SGS-ICS, UK. Saat ini PT. Pindo Deli Pulp dan Paper Mills memperkerjakan kurang lebih 10390 orang karyawan, selain tenaga kerja domestik. PT Pindo Deli juga memperkerjakan tenaga asing yang berasal dari Taiwan, Jepang, India, serta Australia.

  • Biografi
Paseo adalah produsen tissue Indonesia yang banyak mengimpor  tissue kelas dunia dengan standar internasional ke 65 negara di 6 benua di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997. Dibuat dari 100% virgin pulp tanpa menggunakan Optical Brightening Agent (OBA) apapun, Paseo mempunyai reputasi yang baik di pasar dunia. Paseo juga dikenal dengan desain kemasan yang menarik seperti desain kartun Hello Kitty, Doraemon, dan Looney Tunes. 
Produk Paseo meliputi tissue gulungan toilet, tisu wajah, tisu serbet, handuk dapur dan banyak lagi. Misi Paseo adalah untuk memberikan sentuhan kasih dan kelembutan bagi keluarga Indonesia, sehingga Paseo tidak hanya mengusahakan produk terbaik namun juga memberikan nilai ekonomis untuk keluarga Indonesia. 
Produk Paseo memiliki keunggulan yaitu sangat absorbent karena selembar tisu sudah cukup untuk menggantikan serapan 2-3 tisu lain. Paseo juga memberikan kuantitas penuh dalam setiap penyajian produknya. Tisu Paseo juga tidak mudah rusak oleh beberapa tetes air dan tidak lengket pada kulit.
  • Penghargaan

  • Most Recommended Brand 2009 Word of Mouth Marketing
  • Most Recommended Brand 2010 Word of Mouth Marketing
  • ISO 9001: 2000 (untuk KUALITAS) 
  • ISO 14001: 2004 (untuk LINGKUNGAN) dari International terakreditasi oleh organisasi SGS United Kingdom Ltd
Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.
  • Penghargaan  Indonesia Women Brand Champion untuk kategori Tisu,  berdasarkan survei Understanding Indonesian Women: Their Spending Habit, Behavior, Values, and Lifestyle yang  dilakukan Majalah Marketeers bekerjasama dengan lembaga riset MarkPlus Insight pada 2012.
  • Penghargaan Halal Top Brand Award Indonesia International Halal Expo (Indhex) 2013.

Sumber:

http://wartaekonomi.co.id/berita5153/tisu-paseo-raih-penghargaan-indonesias-women-brand-champion-2012.html
http://industri.bisnis.com/read/20131030/12/183710/paseo-raih-penghargaan-halal-top-brand-award
http://profil.merdeka.com/indonesia/p/paseo/
http://ptpindodelipulpandpapermills.blogspot.com/2014/01/sejarah-berdirinya-perusahaan.html
http://thesis.binus.ac.id/doc/bab3/LBM2006-281-BAB%203.pdf