Skip to main content

Analisis STP

Analisi STP Rumah Durian “It’s All About Durian”
  1. Segmentasi
Dilihat dari segi geografi pasar It's All About Durian akan saya tempatkan pertama kali di Bekasi dan harapan saya akan membuka cabang selanjutnya di daerah sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan kota besar lainnya. Jika sudah menjangkau kota besar tersebut saya akan mengekspor durian khas indonesia ke luar negeri dan membuka cabangnya. Sehubungan dengan banyaknya durian lokal yang memiliki cita rasa yang beragam
Sedangkan dilihat dari segi demografi pasar it’s all about durian banyak yang menyukai. Peminatnya dari anak anak hingga lanjut usia. Tidak heran jika sekarang ini atau sedang panen sepanjang jalan kita mencium aroma durian yang khas dan banyaknya usaha usaha masyarakat yang berbahan dasar durian

2       Targerting
  • Target konsumen
Target konsumen dari its all about durian adalah semua kalangan tidak terkecuali anak anak dan lanjut usia, karena buah ini disukai semua kalangan dan hanya beberapa yang tidak menyukai durian karna aromanya. Dan buah durian itu sendiri juga mengandung gizi:
Durian (Durio zibethinus)
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
615 kJ (147 kcal)
27.09 g
3.8 g
5.33 g
1.47 g
65g
19.7 mg (33%)
436 mg (9%)
Hanya bagian yang dapat dimakan, mentah atau beku.
Brangkasan: 68% (Shell and seeds)
Sumber: USDA Nutrient database[12]
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
  • Target pemasaran
Produk yang akan saya tawarkan adalah sebagai berikut:
·         Dodol durian dengan harga sekotak dodol Rp 50.000/10pcs. Kualitas rasa dan kemasan terjamin.

·         Tempoyak durian
Harga:
Toples 500 gram - Rp. 40.000,-
Toples 800 gram - Rp. 60.000

·         Es krim durian
Harga:
Es krim durian float: Rp 17000
Es krim durian tok: Rp 13000
Es durian: Rp 10000



·         Pancake durian
Harga:
Large: Rp 135000/10pcs
Medium: Rp 80000/5pcs
Small : Rp 15000/1pcs

·         Jus durian dengan harga Rp 25.000

  •  Target Promosi
Dengan berkembangnya teknologi saya mulai mempromosikannya dengan menggunakan internet, dan media sosial lainnya. Agar konsumen yang tidak mempunyai waktu luang untuk ke outlet kami dapat membelinya dengan online.
Kualitas rasa dan kemasan terjamin. Inilah beberapa media sosial yang saya gunakan:
Visit our website: www.itsallaboutdurian.co.id
instagram: itsdurian
twitter: itsdurian
facebook: itsdurian

3.       Positioning
Logo It’s All About Durian

Makna sendiri dari logo ini adalah yang pertama terletak di dasarnya yaitu gambar durian itu sendiri karena usaha ini murni berbahan dasar yang utamanya yaitu durian. Dan warna biru pada tulisan tersebut melambangkan universal, universal yang dimaksud adalah durian tersebut dikonsumsi oleh semua kalangan.

Sumber: